9 Variabel Algoritma Google Search Yang Sangat Mempengaruhi SERPs

Variabel algoritma google search tidak semuanya dapat diketahui oleh publik. Hal ini berkenaan dengan rahasia perusahaan dimana masing-masing search engine besar seperti google, yahoo dan bing saling berlomba membuat algoritma yang paling tepat untuk menghasilkan relevansi akurat dengan pencarian yang dilakukan oleh user. Akan tetapi ada beberapa variabel yang diketahui oleh publik. Variabel-variabel ini dipergunakan oleh google untuk menentukan rangking suatu halaman web  dalam search engine result pages (SERPs).

9 Variabel Algoritma google search 

Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 100 profesionals dalam bidang search engine oleh moz.com dalam tajuk “MOz’s 2013 Search Engine Rangking, terungkap variabel-variabel yang sangat mempengaruhi algoritma Search Engine Result Pages. Algoritma ini berusaha membuat hasil pencarian yang relevan dengan pencarian yang dilakukan oleh user. Semakin akurat tingkat relevansi hasil pencarianya maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan user. Semakin baik pula kredibilitas search engine dimata pengguna. 9 variabel agoritma google search dapat dilihat dalam tabel berikut: 
tabel algoritma google search

Catatan:
Dari respon terhadap algorithma tersebut para responden meyakini bahwa:
1. Links masih dipercaya sebagai bagian paling penting dalam algorithma tersebut (40%)
2. Penggunaan Keyword pada halaman web masih menjadi faktor mendasar dalam algorithma tersebut
3. Para praktisi SEO tidak berfikir bahwa social factors menjadi bagian penting dalam algorithma 2013 (7%).
 Masing-masing variable algoritma google search engine dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Domain Level Link Authority Metrics

Domain Level Link Authorithy diukur berdasarkan analisa jumlah domain yang membuat link kedalam situs. Faktor yang dianalisa antara lain : Jumlah domain yang membuat link kedalam situs, kredibelitas domain yang membuat link kedalam situs, relevansi domain yang membuat link kedalam situs, dll.

2. Page Level Link Metrics

Page level link metric mengacu kepada link yang terhubung dengan satu halaman web. Jumlah link, relevansi link, kredibilitas halaman pembuat link yang menuju kepada halaman web tersebut menjadi tolok ukur yang dominan. Halaman web akan mendapat peluang SERPs yang tinggi jika memiliki backlink yang berkualitas.

3. Page Level Keyword Usage

Page level keyword usage mengacu kepada penggunaan keyword dalam bagian-bagin HTML sebuah  halaman. Penggunaan keyword pada HTML yang umum dilakukan adalah penggunaan title, meta description, meta keyword, heading, alt atibutes dll.

4. Page Level Keyword Agnostic Features

Page level keyword agnostic features mengacu kepada element halaman web seperti keunikan kontent, kecepatan loading, panjang halaman, umur halaman dll.

5. Domain Level Brand Metrics

Domain level brand metrics mengindikasikan kualitas dan kredibilitas nama sebuah web. Faktor - faktor yang mempengaruhi antara lain : jumlah pencarian yang menggunakan nama situs atau merk, popularitas profile situs di media social, dan hal lain yang berhubungan dengan branding nama situs.

6. Page Level Traffic/Query Data

Page Level Traffic/Query Data mengacu kepada elemen-elemen seperti click-through rate (CTR) halaman situs, bounce rate  dan sejenisnya.

7. Page Level Social Metrics

Page Level Social Metrics mengacu kepada  mentions, links, shares, likes terhadap halaman situs dimedia social

8. Domain Level Keyword Usage

Domain level keyword usage mengacu kepada penggunaan keyword dalam nama domain dan seberapa banyak pengaruhnya terhadap page rangking. Keyword sebagai nama domain (www.keyword.com), keyword ada dalam nama domain (xyzkeyword.com) dll.

9. Domain Level Keyword Agnostic Features

Domain level keyword agnostic features mengacu kepada hal lain diluar keyword yang berhubungan dengan domain seperti : keunikan konten situs, domain tidak pernah terkena penalty google, usia domain, domain terhubung dengan akun google+ dll.

Kesimpulan

Meskipun survey ini dilakukan pada tahun 2013 tetapi masih memiliki relevansi yang sangat erat dengan algorithma google search saat ini. Memahami bagaimana algoritma google search bekerja menjadi langkah yang brilliant untuk memudahkan anda dalam membuat kontent situs yang berkualitas.Konten berkualitas adalah jika memiliki struktur yang disukai oleh google bot dan disisi lain memiliki high-value yang dicari oleh pengunjung situs anda.
Previous
Next Post »